Dinas Ketahanan Pangan Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Pangan Lokal

Lumajang, Motim - Dinas Ketahanan Pangan Lumajang mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal. Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal (Si-Gempal) pun sudah digaungkan sejak 2009 lalu.
Salahsatu pangan lokal
Salahsatu pangan lokal
“Kami ingin terus mengajak dan memotivasi masyarakat untuk kembali menggalakkan potensi pangan lokal, dengan mengelolah bahan makanan pengganti beras, untuk mengurangi konsumsi beras di Lumajang,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, Hertutik, Senin (15/6/2020).

Ia juga mengatakan, ketika melakukan kegiatan monitoring kepada kelompok Pekarangan Pangan Lesstari (P2L) binaannya di Dusun Jabon, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, pihaknya telah menemukan makanan lokal yang khas yang baru. Yakni nasi gerit dan sayur krecek rebung.

Menurut dia, keanekaragaman pangan lokal harus terus digalakkan, harus dipromosikan, dan ditingkatkan menjadi makanan utama yang dapat dikomsumsi oleh anak-anak maupun masyarakat di Kabupaten Lumajang.

Nasi gerit dan sayur krecek rebung merupakan makanan lokal yang menjadi makanan sehari-hari masyarakat di wilayah Kecamatan Pasrujambe. Oleh karena itu, dirinya ingin agar potensi pangan lokal di wilayah kecamatan yang lain dapat lebih dikenalkan kepada masyarakat lebih luas.

“Lumajang dianugerahi potensi tanah yang subur, sehingga menghasilkan berbagai komoditas pertanian yang unggul. Untuk itu, diharapkan agar pola konsumsi masyarakat semakin beragam, bergizi, sehat dan aman dengan memaksimalkan sumber daya lokal yang dimiliki,” pungkasnya. (fit)