Dindag Bantu Poktan Desain Kemasan Beras

Lumajang, Motim - Dinas Perdagangan (Dindag) Kabupaten Lumajang berkoordinasi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Tani (Poktan) Penggilingan Padi terkait pengembangan desain kemasan produk beras Lumajang.
Koordinasi Pengembangan Kemasan bagi Gapoktan/ Poktan Penggilingan Padi
Koordinasi Pengembangan Kemasan bagi Gapoktan/ Poktan Penggilingan Padi
Dindag pun akan membantu dan memfasilitasi mereka untuk mendesain kemasan beras. Hal ini agar nilai jual beras bisa lebih tinggi. Karena dinilai kualitas beras Lumajang tidak kalah dengan beras dari daerah lain, hanya perlu didongkrak dengan pengemasan yang lebih representatif.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan Lumajang, Eko Hadi Supriono menjelaskan, Pemkab akan memfasilitasi beras-beras dari seluruh Poktan dengan sebuah brand komunal ‘Beras Lumajang’ yang akan dikelolah oleh Perusahaan Daerah (PD) Semeru.

“Selama ini produk-produk beras Lumajang belum ada yang representatif seperti produk dari daerah lain, maka dari itu kita dampingi baik kemasan dari sisi bahan maupun desain kemasan, agar dapat meningkatkan nilai tambah dari beras Lumajang,” katanya Kamis (18/6/2020).

“Dengan membuat kemasan yang representatif mewakili Kabupaten Lumajang baik dari desain, membranding beras Lumajang seperti apa, agar produk beras Lumajang semakin dikenal masyarakat,” lanjutnya.

Kepala Bidang Tanaman Holtikultura, Sudjono menambahkan, kemasan sebuah produk memanglah sangat penting. Ia mengungkapkan, produk pertanian di Lumajang khususnya beras memiliki kualitas mutu yang tidak kalah dengan daerah lain. Ia meminta agar hal itu dapat diikuti dengan mutu kemasan agar nilai jual beras Lumajang semakin meningkat.

“Salah satu kelemahan kita adalah kemasan, karena pertama yang dilihat oleh orang adalah kemasannya menarik atau tidak, karena walaupun isinya bagus, tetapi kemasannya kurang menarik maka menjadi tidak menarik,” jelasnya. (fit)