Hujan Deras, Banjir Rendam Pemukiman Warga

Lumajang, Motim - Hujan deras yang terjadi di kawasan Kecamatan Tempursari bukan hanya mengakibatkan tanah longsor. Namun cuaca ekstrem yang terjadi, Minggu (21/6/2020) sore hingga malam hari itu, juga membuat pemukiman warga di sana terendam.
Banjir rendam pemukiman warga di Tempursari
Banjir rendam pemukiman warga di Tempursari
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, banjir itu terjadi di beberapa titik. Diantara pemukiman warga di 3 dusun Desa Tempursari. “Ketinggian air kurang lebih 40 sentimeter sampai 70 sentimeter,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Senin (22/6/2020).

Titik lainnya yakni di Dusun Krajan, Desa Pundungsari. Kemudian di Jalan Raya Desa Bulurejo dan Tegalrejo yang tergenang air dengan ketinggian 40 sentimeter sampai 60 sentimeter. “Jembatan di Dusun Krajan, Desa Purorejo anjlok terkikis air,” kata Wawan.

Banjir yang terjadi diantaranya disebabkan aliran sungai setempat yang meluap karena tak mampu menampung air hujan. Ditambah muara pembuangan air dari sungai atau danau menuju laut yang tidak normal.

Mengatasi banjir ini, personil gabungan dari Koramil 0821/18 Tempursari bersama Pemdes dan relawan datang untuk membantu masyarakat. Mereka membantu mengamankan peralatan rumah tangga yang rumahnya tergenang air.

“Pukul 19.30 WIB curah hujan di wilayah Kecamatan Tempursari sudah mulai reda dan debit air mulai menurun. Sedangkan aktivitas warga yang terdampak melakukan pembersihan perabotan rumah tangga miliknya,” kata Wawan. (fit)