Jumlah Pasien Covid-19 Sembuh Bertambah, Lumajang Masuk Zona Kuning

Lumajang, Motim - Jumlah pasien positif Covid-19 di Lumajang terus bertambah. Data terakhir per 7 Juni 2020, jumlahnya sudah mencapai 28 orang. Lumajang pun kini ditetapkan sebagai zona kuning atau zona yang sudah memiliki resiko rendah. Selain Lumajang, daerah di Jawa Timur yang masuk zona kuning adalah Kabupaten Ngawi, Kota Blitar, dan Kota Madiun.
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan, banyaknya pasien yang dinyatakan sembuh, karena kini Lumajang telah memiliki alat tes swab sendiri. Yakni menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dimiliki RSUD dr. Haryoto. Sehingga lebih cepat melakukan tes pada pasien.

Setelah ditetapkan sebagai zona kuning, pihaknya bersama jajaran lainnya akan melakukan operasi kepada masyarakat Lumajang. Untuk memastikan masyarakat Lumajang tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk memastikan masyarakat Lumajang harus taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, dalam rangka pencegahan Covid-19,” katanya pada sejumlah wartawan di Pemkab Lumajang, Selasa (8/6/2020).

Ia tidak ingin zona kuning yang ditetapkan saat ini menjadi tak terkendali. Karena bupati ingin Lumajang bisa terus beranjak dan menjadi zona hijau. Atau tak ada lagi pasien terkonfirmasi positif, orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

“Kami ingin terus beranjak menjadi zona hijau. Supaya semua itu terjadi, masyrakat harus patuh terhadap protokol kesehatan,” pungkasnya. (fit)