Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Lumajang Terus Bertambah

Peta sebaran COvid-19 di Lumajang. (*)
Lumajang, Motim - Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus mengalami penambahan. Dari data terakhir, per 31 Mei 2020, jumlahnya sudah mencapai 21 orang. Sedangkan total yang terkonfirmasi positif, ada 45 kasus.

Nama-nama pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 itu telah diumumkan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Kini Lumajang juga bisa secara cepat melakukan tes pada pasien, apakah positif atau negatif Covid-19.

Lumajang telah memiliki sejumlah alat Tes Cepat Molekuler (TCM). Bupati menegaskan, hasil tes dari TCM tersebut sama dengan hasil tes swab yang dilakukan oleh laboratorium di Kota Surabaya.

"TCM ini bisa mendeteksi dalam waktu kurang lebih satu setengah jam untuk dinyatakan positif atau negatif," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Ignasius Wibowo mengatakan, cara kerja TCM adalah melakukan pemeriksaan terhadap dahak dan lendir hidung dan tenggorokan. TCM sebelumnya digunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyakit TBC.

Namun saat ini, TCM juga direkomendasikan untuk memeriksa inang virus corona. “Dengan adanya penambahan mesin TCM di Kabupaten Lumajang, proses pemeriksaan bisa dilakukan lebih cepat, begitu pun hasilnya bisa didapatkan dengan cepat,” ujarnya.

Pihaknya pun optimis Covid-19 akan segera berakhir, pasalnya sejak tanggal 27 Mei 2020 belum ada penambahan positif. "Kerjasama kita semua, kita semua harus tetap menjaga kondisi di Lumajang agar masyarakat semakin sadar mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (fit)