Kandang Terbakar, 3 Sapi dan 4 Kambing Ikut Hangus

Lumajang, Motim - Kandang ternak milik warga di Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh, terbakar, Sabtu (27/6/2020), malam. Kandang itu milik Ajis (57), warga setempat. Akibatnya, 3 ekor sapi dan 4 kambing di dalam kandang ikut terbakar.
Kandang milik warga terbakar
Kandang milik warga terbakar
Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, disebutkan, penyebab kebakaran bermula dari percikan konsleting listrik yang menyambar rumput kering dan menjalar ke tumpukan kayu bakar di sekitarnya.

“Kemudian api membesar dan membakar kandang permanen yang di dalamnya berisi 3 ekor sapi lemosin dan 4 ekor kambing gibas,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Wawan menjelasan, ketika kejadian pemiliknya sedang menjalankan sholat isya di mushalah dekat rumahnya. Sedangkan di ruamahnya tak ada satu orang pun. Sekitar pukul 19.00 WIB, warga melihat api sudah besar membakar kandang milik Ajis.

“Warga sekitar dengan spontan memadamkan api dengan alat seadanya. Kejadian tersebut oleh warga sekitar dilaporkan kepada Perangkat Desa dan diteruskan kepada Polsek, Koramil Tempeh, Damkar dan BPBD Kabupaten Lumajang,” kata Wawan.

Sekitar pukul 19.35 WIB, 3 unit mobil kebakaran datang ke lokasi kejadian. Hampir 3 jam petugas melakukan upaya pemadaman. Sekitar pukul 21.10 api benar-benar bisa dipadamkan secara total.

Akibat kejadian ini, pemiliknya pun sempat pingsan dan tidak bisa diajak komunikasi. BPBD Lumajang menaksir, pemilik mengalami kerugian hingga Rp 75 juta. (fit)