Kegiatan Kemasyarakatan Kembali Diizinkan di Tengah Pandemi

Lumajang, Motim - Kegiatan kemasyarakatan di Kabupaten Lumajang mulai diizinkan dalam masa pandemi Covid-19. Seperti kegiatan hajatan, keagamaan, olahraga, sosial budaya, kesenian, komunitas, dan kegiatan lainnya yang mengumpulkan banyak orang.
Kegiatan kemasyarakatan kembali diizinkan
Kegiatan kemasyarakatan kembali diizinkan
Namun kegiatan yang dilaksanakan, wajib mematuhi protokol yang ditetapkan. Bahkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Kegiatan Kemasyarakatan pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Jadi, masyarakat telah diperbolehkan lagi untuk menggelar berbagai kegiatan sosial, tetapi wajib patuhi protokol kesehatan,” katanya, Senin (15/6/2020).

Protokol kesehatan yang ditetapkan, diantaranya seperti wajib bermasker, menyediakan fasilitas cuci tangan/hand sanitizer, melakukan pengecekan suhu tubuh, dan jumlah pengunjung juga dibatasi 50 persen dari kapasitas tempat.

Lanjutnya, masyarakat tidak boleh menghadirkan tamu undangan atau peserta dari luar Kabupaten Lumajang. Kemudian harus memastikan pengunjung yang datang tidak terjangkit Covid-19.

“Inti dari Perbup ini adalah membuat pedoman kegiatan kemasyarakatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat Lumajang, berkenaan dengan kondisi pandemi yang saat ini harus patuh pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya. (fit)