Kementerian PUPR Akan Gelontorkan Rp 9 Miliar untuk Jembatan Gantung di Lumajang

Lumajang, Motim - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan menggelontorkan anggaran sangat besar untuk membangun jembatan gantung di Kabupaten Lumajang.
Warga menyeberangi DAS Semeru
Warga menyeberangi DAS Semeru
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, jembatan gantung itu akan dibangun di atas daerah aliran sungai (DAS) Semeru Kecamatan Candipuro, yang menghubungkan antara Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh dengan Dusun Sumberkajar, Desa Jugosari.

“Alhamdulillah, sudah ada surat dari Kementrian PUPR terkait dengan anggaran yang akan diturunkan terkait pembangunan jembatan gantung dengan jumlah sekitar Rp 9 miliar,” ungkapnya.

Thoriq menyebut, nantinya jembatan gantung tersebut akan dibangun dengan panjang 147 meter dan lebar 3 meter. Jembatan tersebut pun akan menjadi jembatan gantung terpanjang di Jawa Timur.

“Namun, karena pembangunan ini biayanya besar, maka tidak memungkinkan dalam pembiayaan dari APBD Kabupaten Lumajang, karena itu ada intervensi dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Dirinya berharap, dengan dibangunnya jembatan gantung di atas sungai lahar Gunung Semeru tersebut, nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh dan Dusun Sumberkajar, Desa Jugosari untuk berbagai macam keperluan sosial, ekonomi maupun pendidikan. (fit)