Liburan Sekolah hingga Akhir Juni

Plt Kepala Dinas Pendidikan Lumajang Agus Salim. (*)
Lumajang, Motim - Masa liburan sekolah di tengah pandemi Covid-19 kembali diperpanjang. Dinas Pendidikan Lumajang telah mengumumkan masa libur sekolah sampai 30 Juni 2020. Hal ini sekaligus bertepatan dengan libur Semester Genap.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Lumajang Agus Salim menyampaikan, kebijakan ini mengacu pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

Meksi liburan, anak-anak tetap harus belajar di rumah. Sehingga para guru dihimbau untuk memberikan tugas pada siswa. Namun khusus kali ini, difokuskan pada tugas untuk mengembangkan dan mengasah kreatifitas siswa.

“Dihimbau guru menugaskan kepada siswa untuk membuat karya, misalnya menulis buku, membuat cerpen dan membuat karya yang lain sesuai dengan tingkat kelas dan mata pelajaran,” kata Agus Salim.

Kemudian kepala sekolah atau pimpinan lembaga harus menyusun daftar piket masuk kerja ke sekolah secara bergantian. “Selama melaksanakan tugasnya tetap menggunakan protokol kesehatan,” terangnya.

Ia menambahkan, tak boleh ada ada yang berpergian ke luar kota. Koordinasi juga harus terus dilakukan. “Selama melaksanakan tugasnya diminta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien,” pungkasnya. (fit)