Lumajang Siap Hadapi Kehidupan ‘New Normal’

Pasar Hewan Jogotrunan kembali dibuka. (*)
Lumajang, Motim - Pemerintah pusat telah menggaungkan kehidupan normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19. Khusus Lumajang, nampaknya juga siap menghadapi hal itu. Pemkab Lumajang akan mengawal masyarakat agar bisa berdaptasi dengan konsep new normal.

“Kami akan terus mengawal agar masyarakat bisa beradaptasi menjalani konsep new normal saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati usai Video Conference bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Jumat (29/5/2020) lalu.

Pihaknya juga akan berusaha agar perekonomian di Lumajang bisa kembali pulih. “Kami juga akan berinovasi untuk dapat mengaktifkan kembali perekonomian, tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” lanjutnya.

Contohnya Pasar Hewan Jogotruan, sebelumnya sempat ditutup oleh pemerintha, kini dibuka kembali. Dengan catatan, semua orang yang berada di sana, harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

"Misalnya mall, kafe, maupun semua perekonomian rakyat, kemudian pasar-pasar juga akan dibuka secara normal. Tetapi, harus menjalankan protokol kesehatan, seperrti wajib pakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan jaga jarak,” ujar dia.

Ia berharap, dengan memberikan inovasi-inovasi terhadap pasar tradisional maupun tempat yang menjadi perputaran ekonomi ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Diharapkan tetap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Namun itu semua harus masyarakat harus tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah,” pungkasnya. (fit)