Masa Jabatan Pjs Direktur PDAM Lumajang Habis 31 Juli 2020

Lumajang, Motim - Sudah cukup lama jabatan definitif Direktur PDAM Lumajang mengalami kekosongan. Posisi itu diisi Pejabat Sementara (Pjs), Lukman Hakim. Masa jabatannya akan berakhir pada 31 Juli mendatang.
Pjs Direktur PDAM Lumajang Lukman Hakim
Pjs Direktur PDAM Lumajang Lukman Hakim
Namun saat ini masih belum ada tanda-tanda adanya pencarian direktur definitif yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang. Apakah proses pencarian itu melalui seleksi atau penunjukan langsung. Atau apakah, bakal diisi Pjs lagi.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Lumajang, Ir. Nugroho ketika dikonfirmasi, enggan berkomentar terkait ini. Dirinya mengarahkan wartawan Memo Timur untuk menanyakan ke Kepala Bagian Administrasi Perekonomian, Agus Setiawan.

Namun Agus Setiawan masih belum berhasil dikonfirmasi terkait ini. Memo Timur sudah menghubunginya, tapi tidak dijawab. Pesan yang dikirim via whatsapp juga tidak dibalas olehnya.

Sementara Pjs Direktur PDAM Lumajang, Lukman Hakim ditanya terkait ini, tidak mau berkomentar banyak. Ia menyebut, sejauh dirinya tidak tahu terkait proses pengisian direktur definitif. “Belum ada,” katanya.

Namun Ia berharap, direktur definitif bisa ditetapkan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. “Harapan dari PDAM, segera muncul direktur definitif per 1 Agustus dan ini Pjs yang terakhir,” ucapnya.

Menurutnya, Pjs Direktur tidak memiliki kewenangan yang luas dalam menjalankan perusahaan daerah itu. Yakni tidak boleh membuat kebijakan strategis, diantaranya terkait anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dua hal itu hanya boleh dilakukan oleh direktur definitif,” ucapnya.

Sampai saat ini pun, kata dia, ada sejumlah karyawan yang harus merangkap jabatan lainnya. Karena jumlah SDM yang sangat terbatas. “Total sampai akhir Juni 2020, ada 11 karyawan yang merangkap jabatan,” pungkasnya. (fit)