Masyarakat Diharapkan Tak Terlena Saat New Normal

Lumajang, Motim - Memasuki kehidupan nomal baru (new normal), Kabupaten Lumajang mulai melonggarkan kegiatan kemasyarakatan. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Kegiatan Kemasyarakatan pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).
Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo
Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo
Dengan adanya penerapan new normal ini, diharapkan masyarakat tidak terlena dengan Covid-19. “Kita harapkan tidak terlena,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo ketika ditanya sejumlah wartawan.

Agar masyarakat tidak terlena, saat ini berbagai upaya sudah dilakukan. Supaya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Mulai ada operasi masker, sanksi sosial. Misal yang tidak pakai masker, disuruh kembali. Itu akan terus dilakukan,” ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Bayu, pengawasan dan eveluasi akan terus dilakukan. Untuk memastikan masyarakat tetap disiplin. “Tempat umum akan dipantau, artinya ada tim evaluator dan penegasan terkait new normal,” kata dia.

Kegiatan kemasyarakatan pun akan diawasi. “Misal ada pengajian, mulai dari perizinan, siapa yang bertanggungjawab. Agar kegiatan itu sesuai dengan protokol kesehatan. Tugas kita pengawasan dan evaluasi kegiatan itu,” jelasnya.

Tentunya ada sanksi yang diberikan, jika kegiatan yang digelar tidak mematuhi protokol yang sudah ditetapkan. “Ada penerapan sanksi yang akan dilakukan kepada pihak yang tidak mematuhi atau komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (fit)