New Normal, Pasar Rakyat Harus Terus Dipantau

Lumajang, Motim - Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bakorwil V Jember dan Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan pemantauan ke Pasar Klojen, Lumajang. Mereka sekaligus melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat menghadapi masa new normal.
Pemantauan ke Pasar Klojen
Pemantauan ke Pasar Klojen
Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Artono, menegaskan, pihaknya tidak mendapati permasalahan yang perlu ada penanganan serius. Namun halnya, dirinya tetap meminta Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang untuk melakukan pemantauan setiap harinya agar aktifitas di Pasar Klojen tetap tertib dan disiplin.

Ia juga mengapresiasi pengelolaan Pasar Klojen. Menurutnya, dari segi kebersihan dan sarana prasarana Pasar Klojen sudah layak menjadi pasar yang berstandar nasional.

Terlebih saat situasi pandemi Covid-19, Pasar Klojen sudah menerapkan protokol kesehatan, kesadaran penuh para pedagang dan pembeli terlihat saat beraktifitas di dalam pasar yang juga menerapkan physical distancing.

“Ini pasar yang menurut saya sangat modern ya, dan betul-betul mengikuti protokol kesehatan, semua sudah pakai masker dan pelindung wajah, juga jaraknya diatur, physical distancing juga dilaksanakan,” terangnya.

Sementara, Kepala Bakorwil V Jember, Tjahyo Widodo mengatakan selain sudah dijadikan pasar tangguh, Pasar Klojen saat ini sudah dipersiapkan untuk memperoleh sertifikat Standart Nasional Indonesia (SNI).

“Pasar ini sudah terklarifikasi, ya ini sudah menuju pasar SNI, ini nanti kita dorong, sekarang ini pasar ini didorong menjadi pasar tangguh artinya jangan sampai pasar ini menjadi sebaran Covid-19,” terangnya.

Dirinya berharap Pasar Klojen bisa bersaing dengan beberapa pasar modern yang juga tengah berkembang. (fit)