PDAM Lumajang Gratiskan Tagihan Air Bulan Juli

Lumajang, Motim - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lumajang akhirnya akan menggratiskan tagihan air bagi pelanggannya selama 1 bulan. Tagihan air yang harusnya dibayar pada bulan Juli 2020, akan digratiskan.
PDAM Lumajang
PDAM Lumajang
Namun tidak semua pelanggan akan mendapatkan layanan gratis ini. Hanya untuk pelanggan rumah tangga tipe A saja. Atau pelanggan dengan pendapatan rendah. Kebijakan ini dikeluarkan, untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Lumajang, Lukman Hakim menyampaikan, ada syarat yang harus dipenuhi pelanggan. Diantaranya tidak memiliki tunggakan. “Jika ada tunggakan, maka harus dilunasi, dan tagihan bulan yang terakhir kita gratiskan,” ucapnya, Senin (15/6/2020).

Lanjutnya, pembayaran tuggakan itu, harus dilakukan pada tanggal 1 sampai 15 Juli 2020. Jika di atas tanggal itu, maka yang memiliki tunggakan tidak bisa menikmati program gratis ini. “Jadi ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat, agar tertib melakukan pembayaran,” jelasnya.

Ia menyebut, pelanggan rumah tangga tipe A ada di 12 unit layanan PDAM. Total ada 1.952 pelanggan. “Paling banyak wilayah utara, di Kecamatan Ranuyoso, Kecamatan Kedungjajang,” jelasnya. Ada 2 unit layanan yang tidak ada pelanggan rumah tangga tipe A. Yakni di Kecamatan Jatiroto dan Sukodono.

Saat ini PDAM pun terus melakukan sosialisasi terkait program ini. Agar para pelanggan dan juga mitra tempat pembayaran bisa sama-sama paham soal progam penggratisan tagihan tersebut. (fit)