Pemohon E-KTP dari Kalangan Lansia Meningkat

Lumajang, Motim - Di tengah pandemi Covid-19, pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dari kalangan lansia mengalami peningkatan cukup signifikan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang menyebut, ini dikarenakan meningkatnya jumlah penerima bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19.
Dokumentasi perekaman E-KTP
Dokumentasi perekaman E-KTP
“Untuk saat ini perekaman E-KTP didominasi para lansia yang membutuhkan kelengkapan KTP, demi mendapat bantuan sosial terdampak covid-19,” ungkap Kasubag Umum dan Kepegawaian Dispendukcapil Lumajang, Kukuh Joko Triatmaji.

Selain di kantor pusat, pelayanan E-KTP juga sudah dilakukan di tingkat kecamatan, hal ini dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan ketika mengurus dokumen kependudukan.

“Pelayanan di kecamatan sama dengan di kantor pusat, kecuali ada kendala pada mesinnya, semisal rusak, baru perekaman E-KTP kita arahkan ke kantor pusat,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Kelahiran Dispendukcapil Lumajang, Amir Siswanto, untuk memberikan pelayanan maksimal di tengah pandemi virus corona, pihaknya sudah memerintahkan jajararan di tingkat kecamatan, untuk saling berbagi tugas.

“Jika proses data kependudukan di kantor pusat selesai, masyarakat bisa mengambilnya di kecamatan, agar lebih dekat dan mudah,” tuturnya. (fit)