Penyaluran BST Tahap III Capai 80 Persen

Lumajang, Motim - Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Lumajang terus disalurkan. Untuk penyaluran BST Tahap III pun sudah hampir rampung. Data dari Dinas Sosial Lumajang saat ini sudah mencapai 80 persen.
Salahsatu penerima BST
Salahsatu penerima BST
“Adapun besaran yang diberikan untuk penerima Bantuan Sosial Tunai adalah senilai Rp 600.000. Bantuan ini diserahkan tiga kali untuk setiap bulannya, dan ini sudah yang ke tiga,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Rabu (17/6/2020).

Dari sekian penerima, beberapa penerimanya adalah masyarakat penyandang disabilitas yang terdampak Covid-19, yakni sekitar 1.200 orang. Indah berharap masyarakat penerima Bantuan BST dapat memanfaatkan sebaik mungkin bantuan yang diberikan.

“Bisa untuk modal usaha ataupun untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ucapnya ketika menyerahkan BST Tahap III secara simbolis kepada sejumlah penerima di wilayah Kecamatan Lumajang dan Sukodono.

“Saya menilai, ada dua kondisi kemiskinan. Pertama adalah kondisi kemiskinan potensial dalam arti secara ekonomi miskin, tapi masih bisa untuk berkegiatan untuk mencukupi kebutuhan. Kedua adalah kondisi kemiskinan struktural artinya miskin yang tidak berdaya,” lanjutnya.

Indah juga menyerahkan bantuannya secara langsung kepada beberapa penerima. Ketika mengunjungi salahsatu rumah, dirinya mengaku perihatin. Pasalnya rumah itu tidak layak huni. Ia pun akan berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk melakukan perbaikan atau bedah rumah.

“Saya lihat memang tidak layak rumahnya, saat hujan pasti kehujanan, Saya akan koordinasikan dengan Baznas, kalau tidak nanti akan Saya carikan CSR,” pungkasnya. (fit)