Sambut New Normal, Mahasiswa KKN UM Bagikan Masker Gratis

Oleh: Elvira Rosa A F

PADA awal bulan Juni lalu, pemerintah mengumumkan rencananya dalam mengembalikan aktivitas sosial ekonomi masyarakat ketatanan hidup yang baru atau lebih dikenal dengan istilah New Normal. Seperti yang telah disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, bahwa pelaksanaan New Normal harus diikuti dengan perubahan perilaku masyarakat, yaitu dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Protokol kesehatan yang dimaksud seperti kewajiban memakai masker, penerapan physical distancing, selalu mencuci tangan, serta menerapkan perilaku hidup sehat.
Pembagian masker ke setiap rumah warga Desa Rowokangkung
Pembagian masker ke setiap rumah warga Desa Rowokangkung
Dalam menyambut New Normal, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung, Edisi Covid-19, Universitas Negeri Malang (UM), tahun 2020 melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu berupa pembagian 1000 masker kepada warga Desa Rowokangkung.

Perlu diketahui, teknis pembagian masker dibagi menjadi tiga, yakni penyerahan masker secara simbolis kepada perangkat desa, pembagian ke setiap rumah warga, dan pembagian kepada para pengguna jalan yang tidak mengenakan masker.

Selain membagikan masker, mahasiswa KKN UM juga mengedukasi warga Desa Rowokangkung secara langsung pentingnya menjaga kebersihan diri sebagai salah satu cara pencegahan covid-19. Serta tidak kalah penting juga untuk selalu menggunakan masker ketika bepergian keluar rumah atau ketika berinteraksi dengan banyak orang.

Aksi pembagian masker ini mendapat respon positif dari warga Desa Rowokangkung, karena masih banyak warga mengeluhkan harga masker yang masih tinggi di pasaran. Mahasiswa KKN UM berharap dengan dibagikan masker-masker tersebut dapat membantu mencegah dan meminimalisir terjadinya penyebaran covid-19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker. (*)