Santri Balik ke Pondok, Skrining Dilakukan di Ponpes Khomsaini Nur Klanting

Lumajang, Motim - Demi mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pondok pesantren, Puskesmas Sukodono melakukan skrining dilakukan di Ponpes Khomsaini Nur, Desa Klanting, Kecamatan Sukodono. Skrining dilakukan kepada puluhan santri yang baru saja kembali ke pondok, Selasa (9/6/2020).
Skrining dilakukan kepada puluhan santri
Skrining dilakukan kepada puluhan santri
Kegiatan ini melibatkan lintas sektor. Kepala Puskesmas Sukodono, Danramil 0821/02 Sukodono, dan juga Kapolsek Sukodono hadir dalam kesempatan ini.

Kepala Puskesmas Sukodono, dr. Rina Yulia Agustin mengatakan, kegiatan skrining dilakukan untuk mendata sekaligus memberikan penyuluhan dan memeriksa kondisi kesehatan semua santri.

“Untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Pengasuh Ponpes Khomsani Nur, H. M Agus Nur Majdi mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas kegiatan ini dan siap untuk berkoordinasi dengan pihak terkait. “Dan ini juga merupakan salah satu upaya dari Pondok untuk memastikan bahwa anak-anak santri yang balik ke pondok itu semuanya dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Klanting, Bapak Hadi Sofyan yang ikut memantau kegiatan tersebut sampai selesai.

Dari hasil skrining yang dilakukan menunjukkan, tidak ada santri yang mengalami gejala klinis, dan dipastikan semua Santri Ponpes Khomsani Nur dalam keadaan sehat semua. Pihak pengasuh pondok pun berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 dalam semua kegiatan pondok. (fit)