Sawah Petani di Lumajang Rentan Diserang Wereng

Lumajang, Motim - Sawah petani di Lumajang rentan diserang hawa wereng. Seperti sawah di Desa Blukon, Kecamatan Lumajang misalnya. Pihak Dinas Pertanian Lumajang pun diminta memberikan perhatian khusus terkait ini.
Pertanian di Lumajang
Pertanian di Lumajang
Bahkan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah meninjau langsung sawah yang terserang hama tersebut. Ia meminta Dinas Pertanian mendatangkan penyuluh pertanian untuk memberikan perhatian khusus.

“Terkait dengan kondisi sawah yang harus saling dimengerti oleh petani, sehingga dengan begitu tidak ada lagi petani yang merasa dirugikan,” ujarnya.

“Memang hama wereng sekarang menjadi perhatian utama dari Dinas Pertanian, karena itu Saya sekarang melihat langsung kondisi persawahan ini. Dan, ternyata yang Saya temukan bukan hanya wereng, bahkan ada keong mas dan tikus yang mengakibatkan area persawahan menjadi rusak,” lanjutnya.

Menurut Thoriq, salah satu faktor yang mengakibatkan persawahan menjadi rusak yaitu pola tanam antar sawah yang masih belum dimengerti antar petani. Misalnya, untuk mengurangi tingkat keasaman tanah para petani harus membuat parit.

“Namun kesalahannya adalah parit tersebut dialirkan ke sawah orang lain, sehingga sawah yang dialiri air tersebut tingkat keasaman tanahnya tinggi,” pungkasnya. (fit)