Sebelum Dibuka Resmi, BPBD Himbau Tak Ada Pendakian di Gunung Lemongan

Lumajang, Motim - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menghimbau kepada masayarakat, khususnya yang hobi mendaki gunung, agar tidak melakukan pendakian dulu di Gunung Lemongan.
Evakuasi pedaki di Gunung Lemongan
Evakuasi pedaki di Gunung Lemongan
Karena sejauh ini, pendakian di sana masih belum dibuka secara resmi oleh pihak terkait. Ditambah, sebelumnya ada suatu insiden, pendaki yang mengalami cidera. Sehingga harus dievakuasi oleh tim dari BPBD.

“Yang jelas selama masih belum dibuka destinasi wisata, ya ditahan dulu, jangan dulu mendaki, baik di Gunung Lemongan atau Semeru,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Senin (29/6/2020).

Ia menyebut, pendaki yang sebelumnya mengalami cidera saat mendaki di Gunung Lemongan, tidak mengantongi izin. “Anak-anak itu gak ada izinnya. Alhamdulillah terkilir saja, tidak terjadi hal-hal yang berat,” lanjutnya.

Wawan menambahkan, sebelum jalur pendakian nanti dibuka secara resmi, nanti akan ada survei jalur terlebih dahulu oleh petugas. Untuk memastikan jalur pendakian tersebut benar-benar aman bagi pendaki.

“Minimal kita survei jalur dulu. Apa jalurnya masih bagus, bahaya atau enggak. Pembersihan jalur juga dilakukan,” ucapnya.

Namun tim dari BPBD sendiri, menurutnya sudah siap 24 jam untuk dalam antisipasi. Sehingga ketika diminta bantuan untuk melakukan evakuasi dan sebagainya sudah siap. “Kalau tim, kita siap. Kita 24 jam siap,” pungkasnya. (fit)