Semua Desa Bisa Contoh Banjarwaru jadi Kampung Tangguh Covid-19

Lumajang, Motim - Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang telah ditetapkan menjadi Kampung Tangguh Covid-19. Desa tersebut menjadi pilot project. Sehingga semua desa di Kabupaten Lumajang bisa mencontoh Banjarwaru untuk menjadi kampung tangguh.
Jajaran Polda Jatim berkunjung ke Desa Banjarwaru
Jajaran Polda Jatim berkunjung ke Desa Banjarwaru
Kepala Desa Banjarwaru, Samsul Arifin menegaskan, desanya dipilih sebagai pilot project Kampung Tangguh Covid-19 di Lumajang karena sudah ada persiapan sebelumnya dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Walaupun belum ada (program) Kampung Tangguh, kita sudah siap,” ucapnya, Selasa (2/6/2020).

Seperti diketahui, Program Kampung Tangguh tersebut dari provinsi. Pihak Polda Jawa Timur memerintahkan Polres Lumajang untuk menunjuk desa sebagai pilot project Kampung Tangguh. Akhirnya dipilihlah Desa Banjarwaru.

Ia menjelaskan, kegiatan penanganan Covid-19 di desanya dilakukan secara intens. “Mengenai pencegahan, sosialisasi. Terus kegiatan penyemprotan disinfektan rumah, jalan, tempat umum, dan juga pembagian masker,” ucapnya.

Samsul menambahkan, seperti yang disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Kampung Tangguh tak hanya ada di Desa Banjarwaru. Namun juga bisa diterapkan di desa lainnya. “Bisa dijadikan contoh di tempat lain,” pungkasnya. (fit)