Tempat Wisata Segera Dibuka di Era ‘New Normal’

Lumajang, Motim - Tempat wisata di Lumajang segera dibuka kembali di era normal baru (new normal). Saat ini segala persiapan dilakukan. Diantaranya mengenai protokol yang harus dipatuhi bagi semua pelaku pariwisata.
Air Terjun Watu Lapis Pasrujambe
Air Terjun Watu Lapis Pasrujambe
Kepala Seksi Promosi, Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lumajang, Joni Hidayat menyampaikan, sambil menunggu itu, pihaknya mulai gencar melakukan promosi. Agar ketika tempat wisata dibuka, masyarakat banyak memilih berwisata di Lumajang.

“Kalau buka memang belum. Namun promosi terus kita lakukan. Jangan sampai ketika dibuka, orang ke luar kota,” ucapnya.

Ia menegaskan, pihak Disparbud selain menyusun protokol new normal pada tempat wisata, juga menyusun protokol pada tempat-tempat penunjang wisata. “Selain tempat wisata, juga untuk hotel dan sebagainya,” kata Joni.

Bahkan protokol kehidupan new normal di Lumajang juga akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup). “Jadi tidak ada alasan untuk tidak dibuka. Namun kita juga menunggu kebijakan dari gubernur,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini ketika semua destinasi wisata masih harus ditutup, namun masih ada masyarakat yang nekat ramai-ramai datang ke tempat wisata. “Seperti di Pantai Watu Pecak,” pungkasnya.

Ia pun berharap, ketika nantinya tempat wisata resmi dibuka, masyarakat maupun pengelola wisata mematuhi protol kesehatan yang ada. Misalnya menggunakan masker dan tetap jaga jarak. (fit)