Terlapor Mengaku ‘Ditekan’ Oknum Anggota DPRD Lumajang

Lumajang, Motim - Oknum anggota DPRD Lumajang berinisial TR, disebut-sebut ikut masuk dalam perkara dugaan pencurian udang di PT Bumi Subur. Kini perkara itu sudah ditangani Sat Reskrim Polres Lumajang.
PT. Bumi Subur di Desa Wogalih Kecamatan Yosowilangun
PT. Bumi Subur di Desa Wogalih Kecamatan Yosowilangun
Amari, sebagai terlapor mengaku, merasa ditekan oleh TR untuk mengembalikan kerugian PT Bumi Subur. “Saya memang sakit hati terhadap tindakan oknum anggota dewan. Karena saya merasa ditekan mengembalikan uang yang katanya, saya diduga mencuri udang,” ucapnya.

Saksi Mengaku Dimintai Uang hingga Rp 65 Juta

Ia pun melakukan pembayaran ganti rugi kepada perusahaan melalui oknum anggota DPRD Lumajang tersebut. Waker atau penjaga tambak udang itu sudah membayar kepada TR dengan nilai sekitar Rp 1,5 miliar.

Pembayaran itu berupa uang Rp 425 juta, mobil, dan sebidang tanah. Sedangkan total kerugian yang harus Ia bayar pada perusahaan di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilangun itu senilai Rp 4 miliar.

Tak hanya itu, TR juga disebut meminta uang kepada sejumlah orang yang akan dipanggil polisi. Uang itu menurut TR, akan diberikan kepada pihak kepolisian. Agar orang-orang yang diduga terlibat dalam pencurian itu tak dipanggil ke Polres Lumajang.

Namun TR ketika dikonfirmasi wartawan terkait ini, merasa tidak melakukan tekanan terhadap Amari. “Terkait masalah tekanan Amari, sampean tanya, ‘sampean (Amari) mencuri sungguhan atau tidak’. Kalau tekanan, tekanan dari apa, saya,” ucapnya.

Dugaan Pencurian Udang, Kuasa Hukum Terlapor Pertanyakan Rincian Kerugian

Ia menegaskan, juga telah mendapat kuasa dari Direktur PT Bumi Subur Hendra Sutejo. Agar TR menyelesaikan persoalan perusahaan yang terjadi dengan pihak ke-3. Baik secara hukum maupun di luar hukum.

Terkait pembayaran yang disebut dikirim ke rekening bank-nya, TR menegaskan, jika pembayaran yang masuk sudah ada tanda terima dari Direktur PT Bumi Subur. “Ada surat tanda terimanya dari Pak Hendra,” tegasnya. (cho/fit)