Terus Bertambah, 40 Pasien di Lumajang Sembuh dari Covid-19

Lumajang, Motim - Jumlah pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus mengalami penambahan. Dari data terakhir, per 28 Juni 2020, jumlahnya sudah mencapai 40 pasien yang sembuh.
Peta Sebaran Covid-19 di Lumajang
Peta Sebaran Covid-19 di Lumajang
Sementara positif Covid-19, hingga saat ini jumlahnya mencapai 57 kasus. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 167 orang. Sedangkan orang dalam pengawasan (ODP) jumlahnya ada 426 orang.

Dengan data Covid-19 seperti ini, Sekarang kehidupan normal baru (new normal) di Kabupaten Lumajang sudah mulai berjalan. Apalagi sudah ada Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Kegiatan Kemasyarakatan pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Dengan adanya Perbup itu masyarakat sudah mulai bisa berkegiatan di masa pandemi Covid-19. Seperti kegiatan hajatan, keagamaan, olahraga, sosial budaya, kesenian, komunitas, dan kegiatan lainnya yang mengumpulkan banyak orang.

Sedangkan untuk destinasi wisata sudah mulai disiapkan untuk dibuka kembali. Tentunya dengan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pihak pengelola wisata maupun pengunjung.

“Saya melihat berbagai persiapan bagaimana protokol kesehatan itu dilaksanakan, misalnya untuk ditempat tiket itu sudah ditandai untuk mereka yang antri untuk jaga jarak, tetap disiapkan handsanitizer atau tempat cuci tangan dengan sabun, untuk waktu dibukanya ya sesegera mungkin,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati.

Wabup menegaskan, para pengunjung juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya diwajibkan untuk menggunakan masker. Jika tidak mematuhi aturan protokol kesehatan, para pengunjung dilarang untuk masuk. (fit)