Batik Sekar Sriti Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Lumajang, Motim - Di tengah Pandemi Covid-19, sektor perekonomian terdampak. Tak sedikit masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan, bahkan kehilangan pekerjaannya. Namun di sisi lain, ada usaha yang membantu masyarakat terdampak. Seperti Gallery Batik Sekar Sriti di Desa Taman Ayu, Kecamatan Pronojiwo.
Batik Sekar Sriti
Batik Sekar Sriti
Pendiri Batik Sekar Sriti, Sakinah menyampaikan, usaha batik yang dikelolanya kini menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat. Khusunya masyarakat yang terdampak Covid-19, merasa terbantu dan beralih menekuni usaha baru sebagai pembatik.

“Justru Sekar Sriti bersemi di musim pandemi, kami lahir di awal Maret ternyata alhamdulillah pesanan terus ada sampai sekarang,” ujar Sakinah, Selasa (7/7/2020).

Sakinah yang juga merupakan pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Taman Ayu menjelaskan bahwa, Batik Sekar Sriti didirikan atas keinginannya untuk membuka peluang usaha baru bagi ibu-ibu wali murid di tempatnya mengajar.

Menurutnya sebagai upaya melestarikan warisan budaya nusantara dan mengenalkan kearifan lokal Pronojiwo. Ia mengungkapkan, selain dijual di Lumajang, kini usaha batiknya mulai merambah ke luar kota, bahkan ke luar negeri seperti Kalimantan, Banyuwangi, Gresik, Surabaya, Malang dan Pakistan.

“Kami juga ingin mengangkat kearifan lokal budaya yang ada di Pronojiwo melalui batik, melestarikan warisan budaya nusantara melalui batik kami,” jelasnya. (fit)