BUMDes Mampu Kembangkan Budidaya Lebah Madu

Lumajang, Motim - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kaliboto Lor, Kecamatan Jatiroto mampu kembangkan budidaya lebah madu. Seperti diketahui, madu yang dihasilkan memiliki harga yang relatif tinggi.
BUMDes Mampu Kembangkan Budidaya Lebah Madu
Budidaya lebah madu oleh BUMDes Kaliboto Lor Jatiroto

Ketua BUMDes, Samawa Ali Irawan mengatakan, hingga saat ini jumlah kapasitas kotak sarang lebah yang diproduksi untuk menghasilkan madu tersedia sekitar 22 kotak. Jumlah itu tersebar di beberapa titik.

Sementara, madu yang dihasilkan telah mencapai sekitar 20 botol per bulan, dengan dua kali panen. Madu tersebut harganya berkisar Rp 90 ribu per botol dengan neto 500 milliliter.

Ali juga mengatakan, bahwa produk madu asli yang dikelola melalui BUMDes Samawa, Desa Kaliboto Lor tersebut juga sukses dipasarkan hingga ke luar daerah. Seperti Kota Karawang dan Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah madu kita sudah sampai ke Kota Karawang dan Bekasi. Dan, untuk sementara ini permintaan dari wilayah dalam Kabupaten Lumajang aja yang kami penuhi,” katanya.

Dirinya berharap, kedepannya pemerintah daerah dapat memberikan dukungan kepada salah satu potensi yang dimiliki Desa Kaliboto Lor. “Kami berharap ada dukungan dari pemerintah untuk pemenuhan kapasitas peternakan lebah penghasil madu, sehingga bisa memacu semangat kami dalam mengelola produk madu asli di Desa Kaliboto Lor,” harapnya. (fit)