Bupati Lumajang Penuhi Panggilan Polda Jatim

Surabaya, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memenuhi panggilan dari Polda Jatim, Kamis (9/7). Thoriq dimintai keterangan oleh Polda sebagai saksi atas dugaan pelanggaran Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dalam salahsatu vidio yang diunggah akun youtube LumajangTV.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq mendatangi Polda Jatim
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mendatangi Polda Jatim
Thoriq datang ke Polda Jatim bersama sejumlah pejabat Pemkab Lumajang. Tak hanya itu, istri dan anak dari mendiang Salim Kancil juga ikut ke sana. Diketahui persoalan ini berawal dari perkara lahan yang melibatkan keluarga Salim Kancil dengan perusahaan tambak udang PT LUIS.

Sebelumnya, kepada sejumlah wartawan, bupati sudah memastikan akan memenuhi panggilan dari Polda Jatim. “Saya dipanggil Polda, atas laporan pihak yang merasa dirugikan atas istilah penyerobotan tanah atau bahasa saya tanah garapan almarhum Salim Kancil. Insyaallah bersama dengan istri dan anak almarhum Salim Kancil,” jelasnya.

Ketika berada di Polda, Ia juga membenarkan jika dirinya hadir sebagai saksi dan akan memberikan keterangan atas kejadian pada 2019 tersebut. “Saya dimintai keterangan. Ini saya sebagai saksi,” kata dia.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim Kombes. Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K ketika dikonfirmasi Memo Timur, belum bisa meberikan keterangan terkait terperiksanya bupati. “Belum ada data saya dari penyidik,” ucapnya.

Dilansir dari sejumlah sumber, Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Catur Cahyono Wibowo, membenarkan Thoriq diperiksa terkait dugaan tindak pidana ITE atau kasus dugaan pencemaran nama baik.

“Iya terkait ITE, tapi masih sebagai saksi. Iya video tahun 2019 yang beredar di YouTube,” kata Catur.

Sementara itu, sehari sebelumnya bupati kembali mendatangi lokasi lahan yang menjadi permasalahan di Desa Selok Awar-Awar Kecamatan Pasirian, Rabu (8/7). Namun waktu itu diwarnai insiden adu argumentasi antara bupati dengan pengawas tambak dari PT LUIS. Vidio insiden itu juga kemudian menjadi viral di media sosial. (cho/fit)