Gerakan Tim Kuro ‘One Day One Door’ Didukung Kapolsek dan Tokoh Masyarakat

Lumajang, Motim – Tim Kuro besutan Kapolres Lumajang, AKBP Dedy Foury Millewa, SH, S.IK, M.IK terus bergerak, khususnya melaksanakan program ‘One Day One Door’. Yakni sebuah gerakan yang mewajibkan setiap anggota untuk bersilaturahmi setiap hari ke masyarakat, minimal satu rumah/tempat.

Hadirnya Tim Kuro dan program ‘One Day One Door’ ini pun tentunya sangat didukung oleh para Kapolsek dan juga tokoh masyarakat. Sehingga respon masyarakat adanya program ini juga sangatlah bagus.

“Program One Day One Door dan Tim Kuro atau kuat silahturahmi, kuat roso, kuat rogo, adalah merupakan program bapak Kapolres Lumajang. Selama ini Polsek Pasirian sudah melaksanakan giat tersebut,” kata Kapolsek Pasirian IPTU Agus Sugiharto, SH., MH, Minggu (19/7/2020).

Menurutnya, respon masyarakat adanya program ini sangat bagus, sebab bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena antara masyarakat dengan anggota kepolisian bisa berkomunikasi langsung.

“Sangat dirasakan, karena dengan program tersebut setiap hari Polri ada di tengah-tengah masyarakat. Sehingga bisa lebih dekat antara Polri dan masyarakat. Jadi tak ada jarak antara Polri dan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara salahsatu tokoh masyarakat, Gus Ali Imron menyampaikan, program dari Kapolres Lumajang yang baru itu sangatlah bagus. Menurutnya program ini bisa menjalin keakraban antaran masyarakat dengan pihak kepolisian.

“Antara polisi dan masyarakat bisa menjadi satu dan akrab. Seperti tidak ada jarak sehingga masyarakat tidak takut, tidak canggung, tidak malu. Jika ada sesuatu masalah masyarakat bisa konsultasi langsung dengan pak polisi. Itu kan bagus," ujarnya.

Lanjutnya, kedekatan pihak kepolisian dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama juga bisa menekan tingkat kriminalitas. “Jika para tokoh masyarakat dan tokoh agama udah dekat, bersatu dengan polisi, pelaku kejahatan akan mikir. Bisa jadi berhenti tidak melakukan (kejahatan)," ucapnya.

Dengan adanya Tim Kuro, kata Gus Ali, kini upaya menciptakan keamanan di Lumajang tentunya lebih lengkap. Tim kuro tidak ada hentinya silaturahmi ke masyarakat, sementara Tim Cobra sebagai tim pemberantas pelaku kejahatan. (cho/fit)