Kerajinan Ukir Kayu dari Klakah Tembus Pasar Ekspor

Kerajinan ukir kayu di Klakah. (*)

Lumajang, Motim – Di Desa/Kecamatan Klakah ada usaha kerajinan ukir kayu yang masih bertahan sejak 1999. Bahkan hasil ukiran tersebut tak hanya diperjual belikan di Indonesia, namun sempat menembus pasar ekspor.

Salah satu pengrajin ukir kayu Subhan mengatakan, dirinya bersama para pemuda desa sudah menggeluti bidang seni ukir kayu ini. Dulunya, menurut dia, hasil karya sampai dikirim luar negeri, seperti Taiwan.

Ia pun berkeinginan untuk tetap mempertahankan eksistensi dibidang ukir kayu. Dengan harapan ada dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk memfasilitasi dan memberikan wadah bagi seniman ukir kayu yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Saya ingin kedepan warga Desa Klakah tetap eksis di bidang seni ukir dan dapat menularkan kreatifitas ini kepada anak-anak muda. Diharapkan Pemerintah Kabupaten Lumajang juga ikut mendukung dengan memberikan fasilitas kepada para seniman ukir, mengingat ada banyak seniman ukir di Kabupaten Lumajang khususnya di Kecamatan Klakah Desa Klakah," ujarnya.

Subhan berharap kepada Pemerintah Daerah jika ingin menciptakan ciri khas ukiran Lumajangan, maka Pemerintah Daerah harus siap membuat wadah dan mampu bekerjasama dengan semua seniman se-Kabupaten Lumajang, sehingga dengan adanya keputusan bersama antara seniman dan pemerintah nantinya akan memunculkan ukiran khas Kabupaten Lumajang.

"Saya ingin pemerintah daerah turun langsung membicarakan ini dengan para seniman. Ayolah kita ngobrol bersama bahas seni ukir khas Lumajang. Saya butuh fasilitas pemerintah daerah untuk eksistensi ini semua," harapnya. (fit)