Komunitas di Lumajang Ikut Bersihkan Sungai

Lumajang, Motim - Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar memang sangat dibutuhkan agar kelestarian alam sekitar bisa tetap terjaga dengan baik. Komunitas di Lumajang pun bergerak untuk membersihkan sungai.
Komuntas bersihkan sungai
Komuntas bersihkan sungai
“Sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di sekitarnya. Dan, jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka ekosistem di dalam maupun di sepanjang aliran sungai juga akan ikut terancam,” kata Ketua Komunitas Peduli Lingkungan Pasirian (KPLP) Sricalist.

Sricalist juga mengatakan, bahwa dirinya bersama anggota Komunitas Peduli Lingkungan Pasirian bergerak untuk mendukung program pemerintah untuk menjaga kebersihan di lingkungan sungai, yakni Program Kali Bersih (Prokasih).

Menurutnya, saat ini sebagian besar sungai yang mengalir telah tercemar, sehingga nantinya juga akan berdampak terhadap kerusakan lingkungan. Dan, sebagian besar disebabkan oleh pembuangan limbah domestik, seperti limbah yang berasal dari aktivitas rumah tangga, industri kecil, rumah makan, maupun klinik kesehatan.

Selain itu, dikatakan Sricalist, bahwa upaya yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Lingkungan Pasirian adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, agar lebih bijak saat membuang produksi sampah setiap harinya.

Dalam upayanya tersebut, pihaknya selalu melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Desa, Bintara Pembina Desa (Babinsa) maupun masyarakat, karena dengan begitu akan dapat tercipta sebuah kebersamaan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada, salah satunya masalah kerusakan lingkungan. (fit)