Masuk New Normal, Ada Rapid Test Gratis

Lumajang, Motim - Memasuki kehidupan normal baru (new normal), ada layanan rapid test gratis bagi masyarakat Lumajang. Karena sebelumnya banyak yang mengeluhkan mahalnya biaya rapid test secara mandiri.
Rapid test gratis
Rapid test gratis
“Semula rapid test ini berbiaya, kemudian Pemerintah Kabupaten Lumajang memberikan ini (alat rapid test) secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan prioritasnya,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah, Rabu (1/7/2020).

Ia menegaskan, rapid test gratis tersebut diprioritaskan hanya untuk masyarakat yang sangat membutuhkan. Diantaranya para santri yang akan kembali ke pondok pesantren, mahasiswa/ calon mahasiswa yang membutuhkan hasil rapid tes untuk melakukan aktifitas di perguruan tinggi di luar kota, serta pekerja informal yang akan melakukan aktifitas di kota/ kabupaten yang memerlukan keterangan hasil rapid test.

“Ini hanya untuk kalangan tertentu, untuk masyarakat yang berkebutuhan untuk kembali ke pondok, ke sekolah, dan mereka yang bekerja di luar kota yang memang itu di persyaratkan,” pungkasnya.

Rapid test dilakukan di Laboratorium Kesehatan Kabupaten Lumajang, Setiap hari, Labkes Lumajang hanya menyediakan 30 alat rapid test. “Setiap hari kuotanya 30 pemeriksaan dengan harapan tidak ada penumpukan,” jelas Tutik Elyati, Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lumajang.

Pemkab Lumajang menyiapkan total 2000 rapid test secara gratis. Tidak hanya Rapid Test, Tutik Elyati mengungkapkan bahwa apabila ditemui masyarakat yang 2 kali rapid test menunjukkan positif akan dilakukan swab test.

“Kepada masyarakat yang membutuhkan utamanya yang ingin kembali berkuliah atau kembali bekerja di luar kota silahkan melakukan rapid test di Labkesda Lumajang,” jelasnya. (fit)