Masyarakat Diajak Berkurban Melalui Baznas, Bisa Dibagikan ke Lokasi yang Diinginkan

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi. (fit)
Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang mengajak masyarakat berkurban melalui Baznas. Karena Banzas memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan berkurban di Hari Raya Idul Adha. 

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanuni menyampaikan, masyarakat yang ingin berkurban ke Baznas tinggal transfer ke rekening Baznas sesuai harga hewan. Untuk hewan kurbannya pun, Baznas bekerjasama dengan binaan.

“Kita sediakan kambingnya melalui mitra binaan kami, ada peternakan di Desa Blukon Kecamatan Lumajang. Ada stok 200 kambing,” ucapnya.

Untuk harga dari mitra Baznas, menurutnya juga bersaing. “Karena dijual perkilogram hiudup, kira-kira harganya 65-70 ribu perkilogram. Jadi mungkin kambing dengan beras 30 kilogram harganya kisaran Rp 2,1 juta. Kalau seberat 40 kilogram, kira-kira harganya Rp 2,8 juta. Meskipun mendekati hari-H, harganya tetap, tidak ada peningkatan,” ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat yang berkurban, bisa meminta hewan tersebut di salurkan di lokasi mana. Juga bisa disalurkan dalam bentuk daging yang sudah dibungkusi per 3 kilogram. “Jika disembelih dalam bentuk kresekan per 3 kilogram tentu ada tambahan ongkos,” ujarnya.

Jika masyarakat yang akan berkurban tidak menentukan lokasi pembagiannya, Baznas akan menyalurkannya ke ke mustahik. “Kita salurkan ke mustahik di daerah yang sangat membutuhkan,” pungkasnya. (fit)