Masyarakat Harus Berpartisipasi Menjaga Kebersihan Sungai

Masyarakat membersihkan sungai. (*)
Lumajang, Motim – Masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan sungai. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yuli Harismawati menyampaikan, ada beberapa sungai di Kabupaten Lumajang yang perlu dilestarikan dan perlu dikembalikan fungsinya.

"Kami bersama masyarakat di beberapa kecamatan, kita melakukan kegiatan bersih-bersih sungai, yang terakhir kemarin di Candipuro," ujarnya.

Ia Haris berharap dengan keterlibatan masyarakat dalam upaya pengembalian fungsi sungai, tidak ada lagi oknum yang membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

Disampaikan juga, saat ini sudah banyak masyarakat yang secara masif melakukan upaya pelestarian lingkungan secara berkelompok di berbagai wilayah. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup terus mendorong dan memberikan dukungan kepada masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan.

Kepala Seksi Pemulihan Lingkungan Hidup Endhi Satryo menambahkan, kegiatan bersih sungai akan turut serta melibatkan elemen masyarakat, jajaran TNI-Polri dan organisasi masyarakat. Menurutnya, selain adanya sinergitas yang terjalin, nantinya juga tumbuh jiwa kepedulian terhadap lingkungan. (fit)