Pengelola Tempat Wisata Mulai Simulasikan Penerapan Protokol Kesehatan

Lumajang, Motim - Sebelum tempat wisata dibuka secara resmi, pihak pengelola wisata mulai mensimulasikan penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata. Seperti simulasi yang dilakukan oleh pengelola Wisata Tumpak Sewu.
Simulasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata
Simulasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata
“Simulasi ini dilakukan untuk mengedukasi pengunjung mentaati aturan protokol kesehatan di tempat wisata,” ujar Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) saat menghadiri kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan di Wisata Tumpak Sewu, Selasa (7/7/2020).

Indah menyampaikan, sektor pariwisata dimungkinkan untuk kembali dibuka dalam waktu dekat, tetapi dengan penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, beberapa pengelola tempat wisata di Kabupaten Lumajang saat ini sudah baik dalam mempersiapkan protokol kesehatan, termasuk pemenuhan sarana cuci tangan, serta SOP yang harus dilakukan baik oleh petugas maupun pengunjung.

“Tempat wisata memungkinkan untuk dibuka dalam waktu dekat, tapi harus wajib menerapkan protokol kesehatan, baik pengelola wisata maupun pengunjung,” kata dia.

Ia menambahkan, bahwa Pengelola obyek wisata Panorma Tumpak Sewu, Abdul Karim menerangkan, bahwa pihaknya masih melakukan simulasi untuk penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, protokol kesehatan merupakan aturan baru dan belum banyak masyarakat yang sadar terhadap penerapannya.

“Ya semantara masih kami simulasikan, untuk wisatanya belum kami buka, kami ingin penerapannya di sini berjalan maksimal, kan butuh penyesuaian juga menerapkan protokol kesehatannya,” imbuh dia.

Dirinya juga berharap, dengan kegiatan simulasi, baik petugas ataupun pengunjung bisa melaksanakan protokol kesehatan secara maksimal. (fit)