Petugas Gabungan Amankan 24 Gelondong Kayu Jati

Lumajang, Motim - Petugas gabungan yang terdiri dari personil perhutani BKPH Senduro, Polsek dan Koramil mengamankan sedikitnya 24 gelondong kayu jati berbagai ukuran di halaman rumah warga, diduga kayu jati tersebut hasil curian dari kawasan Perhutani.

Asisten Perhutani BKPH Senduro, Lesmana Jaya Putra Emu menuturkan, awalnya pihaknya mendapat laporan dari masyarakat telah terjadi penebangan kayu hutan di petak 42a tanaman jati 1987 kelas hutan TJKL RPH Senduro BKPH Senduro Desa Pandansari, Kecamatan Senduro.

Atas dasar itu pihaknya langsung melakukan pengecekan ke lokasi ditemukan sebanyak 4 tonggak pohon jati. Setelah dilakukan pencarian melibatkan personil Polsek dan Koramil, kayu jati itu ditemukan di halaman rumah Puji Santoso, warga Dusun Sumberagung, Desa Senduro.

"Pencurian kayu jati terungkap pada Rabu, Minggu kemarin sekira pukul 05.00 WIB," tuturnya.

Usut punya usut, ternyata kayu jati itu milik Muhamad Sukirno, warga Dusun Sumberagung, Desa Senduro. Karena perbuatan melanggar pasal 82 dan 83 UURI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, kemudian dilaporkan ke Polsek Senduro.

"Sudah ditangani Polssk Senduro mudah- mudahan pelaku segera tertangkap," tegas Lesmana.

Sementara itu Kapolsek Senduro, Iptu Joko Witoro belum berhasil dikonfirmasi.(cho)