Rumah Kreatif Sabetz Ubah Sampah jadi Barang Berharga

Hasil kratifitas dari Rumah Kreatif Sabetz. (*)
Lumajang, Motim -  Kelompok ‘Rumah Kreatif Sabetz’ di wilayah Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto ikut membantu menangani permasalahan sampah di lingkungan. Mereka mengelola sampah menjadi barang yang berharga.

“Selain mendukung program pengurangan sampah, Rumah Kreatif Sabetz juga mengoptimalkan pengelolaan sampah plastik menjadi sebuah barang berharga dan bernilai ekonomis,” kata Ketua Kelompok Rumah Sabetz Kabupaten Lumajang Saiful Betz, Selasa (14/7/2020).

Saiful juga mengatakan, bahwa berlatar belakang dari kepedulian terhadap sampah yang menumpuk di bantaran sungai maupun tempat lainnya, maka dirinya mempunyai ide kreatif untuk mendaur ulang sampah menjadi sebuah karya seni berbagai kerajinan.

“Alhamdulillah produk-produk yang terbuat dari daur ulang sampah yang kami kelola, saat ini telah diminati oleh masyarakat di dalam maupun dari luar Kabupaten Lumajang, dan bahkan juga telah ada beberapa produk daur ulang yang terjual ke luar negeri,” ujar dia.

Saiful juga mengaku, bahwa awalnya dirinya hanya ingin memberikan edukasi kepada masyarakat untuk lebih disiplin dalam mengolah sampah, agar tidak lagi membuang sampah sembarangan salah satunya tidak buang sampah di sungai.

Menurutnya, sebenarnya sampah yang diproduksi dari rumah tangga dapat bernilai ekonomis, itupun jika masyarakat dapat mengolah sampah-sampah tersebut dengan baik, contohnya dengan mendaur ulang sampah dan menjadikannya sebagai kerajinan-kerajinan yang bagus dan menarik. (fit)