Rumah Makan dan Restoran Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Lumajang, Motim - Memasuki kehidupan normal baru (new normal), semua rumah makan dan restoran harus menerapkan protokol kesehatan. Pemkab Lumajang pun akan menentukan Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan bagi rumah makan dan restoran.
Salahsatu restoran di Lumajang
Salahsatu restoran di Lumajang
“Nanti, untuk menerapkan SOP protokol kesehatan di semua restoran di Lumajang akan disarankan untuk tidak menyajikan prasmanan/buffet,” kata Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lumajang, Yudi Prasetyo.

Jika nantinya menerapkan prasmanan/buffet, maka restoran harus menempatkan petugas pelayanan pada food stall dengan menggunakan masker maupun sarung tangan. Nantinya saat pengunjung mengambil makanan dapat dilayani oleh petugas sehingga tetap dapat menjaga jarak.

Tak hanya itu, semua peralatan makan wajib dibersihkan sebelum digunakan kembali. Serta meja makan, saklar, westafel, gagang pintu serta peralatan yang sering dijangkau konsumen juga harus dibersihkan menggunakan cairan disinfektan.

“Nah ini yang sulit, bisa sebenarnya tetapi harus membersihkan peralatan makanan sebelum digunakan kembali, dan jaga jarak minimal satu meter. Dan, kami juga menyarankan agar pemesanan makanan untuk dibungkus,” ujar dia.

SOP tersebut diterbitkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Restoran dan Rumah Makan. (fit)