Tim Kuro Polres Lumajang Fokus Silaturahmi ke Rumah Warga

Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa, SH., SIK, M.IK telah membentuk Tim Kuro. Tujuan dibentuknya tim ini, adalah untuk fokus bersilaturahmi ke rumah warga. Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa SH SIK M.IK.
Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa, SH., SIK., M.IK.
Kapolres melalui Kasubag Humas, Ipda Catur Budi Bhaskara menjelaskan, Tim Kuro besutan dari kapolres ini adalah implementasi dari Program One Day One Door. Yakni tiap petugas kepolisian setiap hari harus berkunjung ke satu rumah warga.

“Tim Kuro ini bisa beranggotakan siapa saja, jadi polisi itu bisa bersama perangkat desa atau siapa saja. Jadi petugas polisi berkewajiban berkunjung ke rumah warga. Apalagi ada suatu kejadian diharapkan Tim Kuro ini bisa hadir ke situ. Ada apa, masalahnya apa, untuk memecahkan masalah,” ujarnya.

Ia menegaskan, Tim Kuro ini harus pro aktif memberikan penyuluhan kepada masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah. “Intinya Tim Kuro harus mengedepankan silaturahmi dengan masyarakat,” jelasnya.

Untuk memastikan setiap anggota polisi melakukan tugasnya, ada aplikasi khusus yang disediakan. Jadi, setiap polisi yang sudah berkunjung ke rumah warga harus mengunggah foto dan informasi lainnya di aplikasi tersebut.


Lanjut Catur, kenapa dinamakan Tim Kuro, karena ada filosofi yang diambil dari binatang tersebut. “Jangan dilihat kuronya, tapi lihat filosofinya. Pelan tapi pasti dan meyakinkan,” ujar dia.

Memang saat ini Tim Kuro masih belum diluncurkan secara resmi. Karena banyak hal yang masih perlu dipersiapkan. “Dalam waktu dekat akan dilaunching secara resmi, termasuk aplikasinya oleh tim. Meski belum dilaunching tapi sudah berjalan pelan-pelan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk Tim Cobra saat ini masih tetap ada dan tidak dibubarkan. Karena ada tugas yang berbeda antara Tim Kuro dan Tim Cobra. Tim Kuro dibentuk oleh Kapolres AKBP Deddy Foury Millewa, SH., SIK, M.IK sekaligus Pembina, sedang Wakapolres sebagai komando. Dan Tim Cobra merupakan bentukan kapolres yang lama.

“Tim Cobra ini sebagai tim pemukul dari kepolisian. Tugasnya untuk melakukan pengintaian, penyelidikan, dan penangkapan terhadap pelaku kejahatan,” jelasnya. (cho)