Baznas Lumajang Buka Pendaftaran Khitan Massal Gratis

Baznas Lumajang Buka Pendaftaran Khitan Massal Gratis
Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang membuka pendaftaran khitan massal gratis. Tempat pendaftaran, di 6 Kantor Kecamatan yang telah ditentukan Baznas. Diantaranya Kecamatan Lumajang, Ranuyoso, Tekung, Pronojiwo, Pasrujambe, dan Sukodono.

Khitan massal gratis tersebut akan dilaksanakan pada 18 dan 19 Agustus 2020 di 6 Puskesmas di kecamatan yang ditentukan itu. Untuk kuotanya, masing-masing kecamatan 20 anak. Jadi total ada 120 anak.

Ketua Baznas Kabupaten Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, kegiatan ini sengaja tidak dijadikan di satu lokasi. Karena masih Pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya harus mematuhi protokol kesehatan yang ada.

“Jadi gak ada seremonial, anak-anak langsung ke Puskemas tersebut,” ucapnya, Selasa (11/8).

H. Atok menambahkan, di tengah pandemi ini, nampaknya banyak orangtua yang berminat mendaftarkan anaknya untuk dikhitan. Apalagi saat ini anak-anak sekolah masih mengikuti kegiatan belajar dari rumah.

Saat ini pun sudah hampir terpenuhi kuotanya. Bahkan di sejumlah kecamatan, sampai berlebihan jumlah pendaftarnya. “Karena ini pandemi, masa sulit saat ini, kesempatan bagi mereka yang ingin dikhitan. Kita fasilitasi, jadi masyarakat benar-benar memanfaatkan,” ucapnya.

Selain itu, peserta khitan massal gratis ini juga akan mendapatkan sarung, baju, dan uang saku dari Baznas. “Karena masa pandemi, juga kita sediakan masker dan hand sanitizer,” ucap H. Atok.

Untuk petugas khitan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. “Kita koordinasi dengan Dinkes. Karena Puskemas di bawah koordinasi Dinkes. Petugasnya dari Puskesmas,” pungkasnya. (fit)