BI Belum Buka Layanan Penukaran Uang Rp 75 Ribu di Lumajang

BI Belum Buka Layanan Penukaran Uang Rp 75 Ribu di Lumajang
Lumajang, Motim - Sejak uang pecahan Rp 75 ribu resmi dilucurkan Bank Indonesia (BI), banyak masyarakat ingin mendapatkan uang edisi khusus HUT RI ke-75 tersebut. Namun BI masih belum membuka layanan penukaran uang pecahan baru itu di Kabupaten Lumajang. Tetapi masyarakat bisa melakukan pemesanan secara online dan melakukan penukaran di Kantor BI Jember.

Staf Humas BI Jember, Agapito Ganesha menyampaikan, masyarakat yang ingin memiliki uang pecahan baru tersebut, harus memesan terlebih dahulu di www.pintar.bi.go.id. Kemudian akan mendapat bukti pemesanan sekaligus jadwal penukarannya di Kantor BI.

“Setelah melakukan registrasi, dapatkan jadwal penukaran, hari dan jamnya, kemudian membawa dokumen (bukti pemesanan) tersebut ke BI Jember,” kata Pito, panggilan akrabnya, saat dihubungi Memo Timur, Senin (24/8).

Pito menambahkan, BI baru akan memperluas layanan penukaran uang Rp 75 ribu di semua daerah pada 1 Oktober 2020. Nanti pihaknya akan bekerjasama dengan 5 perbankan. Diantaranya, Mandiri, BRI, BNI, BCA, dan CIMB Niaga.

“Di semua kantor perbankan tersebut, di (kantor) layanan manapun, per 1 Oktober kita buka layanan penukaran,” ujarnya.

Namun kata dia, tetap, sebelum masyarakat datang ke kantor perbankan tersebut, harus memesan secara online terlebih dahulu di www.pintar.bi.go.id. “Tetap, di perbankan pun juga harus registrasi di aplikasi Pintar. Tidak serta merta datang langsung ke sana,” pungkasnya. (fit)