Mahasiswa Polije akan Dampingi BUMDes di Lumajang

Mahasiswa Polije akan Dampingi BUMDes di LumajangMahasiswa Polije akan Dampingi BUMDes di Lumajang
Lumajang, Motim - Mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije) akan melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL) Tematik Kewirausahaan di Kabupaten Lumajang. Selama sebulan, mereka akan membantu dan mendampingi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berharap mereka dapat membantu membangkitkan usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada melalui BUMDes.

"Saya ingin mengajak seluruh Mahasiswa PKL untuk mengerahkan seluruh ide dan pikirannya yang selama sekian waktu ada di Politeknik Negeri Jember, agar diimplementasikan di lapangan sehingga dapat menjadi inovasi yang dapat membantu membangkitkan UMKM di Lumajang," ujarnya saat menerima Mahasiswa PKL Polije di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (18/8).

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menambahkan, hadirnya mahasiswa ini diharapkan dapat menambah semangat dan memotivasi pemerintah. Untuk mendukung, meningkatkan dan mendorong masyarakat, terutama dalam hal peningakatan perekonomian masyarakat. Salahsatunya melalui potensi pertanian.

"Kami harus pandai-pandai untuk mendukung masyarakat, supaya pandai melakukan teknologi pengolahan hasil pertanian. Tentunya, ini pas untuk menjawab dan mencari solusi bagaimana mengatasi pasca pandemi Covid-19," ungkapnya.

Sementara, Direktur Polije Saiful Anwar membenarkan jika mahasiswanya akan melaksanakan kegiatan PKL di 74 BUMDes di Lumajang.

"PKL Tematik Kewirausahaan merupakan implementasi dari merdeka belajar yang digaungkan oleh Mendikbud, sebagai bentuk aktualisasi dari merdeka belajar salah satunya adalah pelaksanaan kegiatan belajar yang harus dilaksanakan di luar kampus," katanya. (fit)