Pabrik Kayu PT Rimba Mulia Sejahtera Terbakar

Lumajang, Motim - Kebakaran melanda pabrik kayu PT Rimba Mulia Sejahtera di Dusun Suko 1 RT 4 RW 1 Desa/Kecamatan Sumbersuko, Jumat (31/7). Akibatnya pabrik kayu tersebut mengalami kerugian jutaan rupiah.
Pabrik Kayu PT Rimba Mulia Sejahtera Terbakar
Petugas berusaha memadamkan api

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.00 siang. Diduga penyebab kebakaran ini karena adanya kelalaian dari karyawan.

“Kebakaran ini diakibatkan oleh kelalaian salah satu karyawan ketika membakar sampah yang tidak dijaga,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Api dari sampah tersebut kemudian menyambar tumpukan umput dan api pun membesar. “Sehingga api terkena angin dan menyambar umput yang sangat mudah terbakar, serta tumpukan kayu log jenis sengon,” lanjut Wawan.

Petugas pemadam kebakaran yang menerima laporan kebakaran ini, langsung menuju lokasi kejadian. Upaya pemadaman pun dilakukan oleh petugas. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk memadamkan api.

“Api berhasil dipadamkan pada pukul 7 malam,” ungkap Wawan. Ia menyebut, luasan terbakar mencapai 12 meter kali 36 meter. “Kerugian kurang lebih mencapai Rp 12 juta,” pungkasnya. (fit)