Pasrujambe Kembangkan Kopi Jambe

Lumajang, Motim - Di Dusun Plambang, Desa/Kecamatan Pasrujambe ada salah satu olahan kopi yang khas, kopi jambe namanya. Minuman ini bukan semata diambil dari nama asal kopi ini Pasrujambe, namun memang menggunakan jambe atau buah pinang yang menambah cita rasa khas pada kopi.
Pasrujambe Kembangkan Kopi Jambe
Kopi Jambe

Ketua Kelompok Sido Makmur, Fathoni menyampaikan, kopi ini menggunakan kopi petik merah dan setelah penggilingan, dijemur di dalam green house sehingga menghasilkan kualitas rasa yang premium.

“Kita menjemurnya di dalam green house dengan ketinggian 1 meter, tidak dijemur di atas tanah, sehingga tidak bau tanah dan tidak terkena debu,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Pasrujambe, Dian Nurwisudah Kurniawan Hadi Pamujo menjelaskan bahwa tidak hanya nikmat, kopi ini memiliki berbagai khasiat yang baik bagi tubuh. Khasiat kopi jambe dapat menyembuhkan penyakit, diantaranya penyakit lambung, kelebihan gula darah, hipertensi, menurunkan kolestrol, mengatasi wasir dan meningkatkan vitalitas bagi pria.

“Untuk pemasaran sudah merambah ke luar kota, Jember, Malang bahkan Surabaya, minuman ini perpaduan kopi pilihan dan buah pinang yang memiliki khasiat tertentu, salah satunya mengurangi gejala asam lambung,” jelasnya. (fit)