Perpustakaan Bantu Fasilitasi Program Guru Sambang

Perpustakaan Bantu Fasilitasi Program Guru Sambang
Lumajang, Motim - Perpustakaan Daerah (Perpusda) maupun Perpustakaan Desa (Perpusdes) di Kabupaten Lumajang ikut mendukung Program Guru Sambang di tengah Pandemi Covid-19. Perpustakaan membantu berikan fasilitas berupa tempat maupun literasi bagi pelajar.

“Jadi untuk dapat mengoptimalkan implementasi Inovasi Guru Sambang, Perpusda dan Perpusdes di Lumajang menyediakan fasilitas tempat maupun pemenuhan kebutuhan literasi dalam menjalani proses belajar mengajar siswa-siswi sekolah,” ujar Pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang, Tutik Endriani.

Tutik juga menyampaikan, bahwa dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pihaknya tetap memberikan layanan buku, komputer dan internet. Agar siswa dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya.

“Selama pandemi Covid-19, Perpusda dan Perpusdes tetap memberikan pelayanan kepada Pemustaka yang datang. Sehingga kebutuhan literasinya dapat terpenuhi. Dan dalam pelayanannya kami tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan kepada petugas maupun pemustaka yang datang,” kata dia.

Ketua Perpustakaan Desa Tunas Bangsa Pandanwangi, Yuli Astuti mengungkapkan, pihaknya menginisiasi agar lembaga pendidikan di Desa Pandanwangi memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa. Menurutnya, dengan menempatkan kegiatan Guru Sambang di Perpusdes, maka nantinya siswa-siswi akan dapat terpenuhi kebutuhan literasinya.

“Dalam pelaksanaannya, Perpusdes Tunas Bangsa mampu menampung sekitar lima kelompok belajar, yakni enam orang guru dan 30 orang siswa per harinya, karena kami juga memanfaatkan gedung lama Perpusdes untuk kegiatan Guru Sambang, jadi bisa lebih menampung lebih banyak,” ungkap dia. (fit)