Rumah di Desa Besuk Terbakar, Dapur dan Kandang Ludes Dilahap Api

Rumah di Desa Besuk Terbakar, Dapur dan Kandang Ludes Dilahap Api
Lumajang, Motim - Sebuah rumah di RT 20 RW 03 Desa Besuk Kecamatan Tempeh terbakar, Jumat (21/8) siang. Api melahap dapur dan kandang hingga ludes.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan, rumah milik Mohammad Yasyim (71) itu terbakar sekitar pukul 11.30 WIB. Api pertama kali diketahui muncul dari bagian dapur.

"Saat itu pemilik rumah sedang berada di halaman rumahnya dengan keluarga yang lainnya. Kemudian mereka terkejut terdapat asap yang berasal dari bagian dapur," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo Sabtu (22/8).

Mengetahui hal itu, mereka pun langsung meminta tolong kepada warga di sekitar untuk memadamkan api. "Tetangga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," lanjut Wawan.

Petugas pemadam kebakaran yang mendapat laporan ini, tiba di lokasi sekitar pukul 12.00 WIB. Ada 2 unit mobil damkar dari Mustikatama dan Pemkab Lumajang. Petugas pun langsung berusaha memadamkan api.

Butuh waktu sekitar 30 menit bagi petugas untuk memadamkan api secara total. "Pukul 12.30 WIB api sudah berhasil dipadamkan," ujar Wawan.

Setelah api padam, anggota Polsek Tempeh didampingi Babinsa Besuk melaksanakan olah TKP. Dugaan sementara, penyebab kebakaran dari tungku di dapur yang masih menyala.

"Diduga akibat tungku di dapur yang masih menyala dan membakar kulit jagung atau obot yang berada di atas tungku dan menjalar ke dinding yang terbuat dari anyaman bambu," ungkap Wawan.

Akibat kejadian ini, pemilik rumah mengalami kerugian material hingga Rp 10 juta. "Pemilik rumah untuk saat ini tidak bisa memasak sama sekali," pungkasnya. (fit)