Ruwat Air Tirtosari, Wujud Syukur atas Melimpahnya Air

Ruwat Air Tirtosari, Wujud Syukur atas Melimpahnya Air
Lumajang, Motim - Warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro kembali menggelar Ritual Ruwat Air di Sumber Mata Air Tirtosari, Jumat (21/8). Ritual tahunan ini digelar sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas melimpahnya air bagi masyarakat setempat.

Sekretaris Desa Penanggal, Amin menyampaikan, Ruwat Air pada tahun ini terasa berbeda dengan sebelumnya. Karena dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. “Kita laksanakan dengan konsep sederhana tetapi tetap mengena,” ujarnya.

Ia menegaskan, ritual ini menjadi salahsatu budaya di desa setempat yang akan terus dilestarikan. “Ini budaya turun temurun dari nenek moyang,” lanjutnya.

Amin mengatakan, tujuan dari Ruwat Air tersebut adalah sebagai wujud syukur atas nikmat air yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Karena air di Tirtosari berlimbah dan sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Selain untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, minum, sumber mata air ini juga untuk mengairi sawah,” ujarnya.

Tak hanya itu, saat ini mata air tersebut juga dimanfaat untuk wisata pemandian alam, Tirtosarisari View. “Mata Air Tirtosari ini juga kami buat untuk kebutuhan utama Wisata Alam Tirtosari View,” pungkasnya. (fit)