Sadarkum Lumajang Kampanyekan ‘Memanusiakan Manusia’

Lumajang, Motim - Grup Masyarakat Sadar Hukum (Sadarkum) Lumajang resmi menempati kantor barunya di Jalan Gajah Mada (Toga) Nomor 29 Lumajang, Minggu (2/8) malam. Dalam kesempatan itu Ketua Grup Sadarkum Lumajang, Abdul Rokhim, SH menyampaikan program-program yang dimiliki pihaknya.
Sadarkum Lumajang Kampanyekan ‘Memanusiakan Manusia’
Peresmian Kantor Grup Sadarkum Lumajang

Selain program yang berkaitan dengan hukum, mereka juga mengkampanyekan program Memanusiakan Manusia. Karena Sadarkum juga berusaha untuk aktif melaksanakan kegiatan sosial.

“Selain soal hukum, ada giat sosial, yakni Memanusiakan Manusia. Ada program konsultasi gratis dan pendampingan hukum gratis bagi warga tidak mampu,” ucapnya.

Salah satu advokat yang juga salahsatu pendiri Kantor Sadarkum, Dummy Hidayat, SH menyampaikan, melalui program Memanusiakan Manusia, Ia berharap agar kita dan masyarakat Lumajang pada umumnya, untuk bisa menjadi manusia yang berbudaya dan berakal budi.

“Karena kita punya pemikiran bahwa sesama manusia harus saling menghargai, menghormati dan tidak mengadili. Artinya nantinya kita dalam bersosialisasi ke masyarakat Lumajang, untuk memberikan pendidikan hukum tentang arti pentingnya kesadaran hukum dan penegakan hukum, hal ini juga menerapkan konsep Memanusiakan Manusia. Yaitu agar bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat, sehingga masyarakat mendapatkan pendewasaan ilmu, dengan harapan tidak merampas hak manusia lainnya dan tidak main hakim sendiri dalam menyelesaikan permasalahan hukum,” ucapnya.

"Inilah pentingnya arti kesadaran hukum di masyarakat, sedang untuk penegakan hukum kita siap mengontrol dan menegur serta melaporkan atas tindakan aparat penegak hukum yang tidak menjalankan hukum sebagaimana mestinya," tambahnya.

Ia menambahkan, berdirinya Kantor Grup Sadarkum Lumajang berawal dari grup whatsapp. Diharapkan pula, Sadarkum Lumajang bisa bersinergi dengan berbagai pihak demi kemajuan Kabupaten Lumajang. (fit)