Sektor Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker

Oleh: Dilla Junia Fransisca

Lumajang – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) BAKTIMU NEGERI UMM Desa Penanggal merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kepada masyarakat khususnya Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa UMM merupakan upaya pencegahan virus Covid-19 dengan cara penertiban penggunaan dan pembagian masker di Pasar Penanggal yang beroperasi pada hari Kamis (30/7). Kegiatan ini dibimbing dan diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Kamil., S.IP., MA Resgy.
Sektor Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa PMM UMM Bagikan Masker

Pembagian masker dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum membawa atau sedang membawa masker, tetapi tidak digunakan. Maka dari itu, penting untuk memperingatkan dan memberikan masker sebagai bentuk upaya menekan penyebaran virus Covid-19 melalui pemakaian masker saat proses jual beli. Persiapan yang dilakukan mahasiswa sebagai pemberian contoh yang baik kepada masyarakat, yaitu dengan penggunaan masker yang baik dan benar, dengan tujuan nantinya akan mempengaruhi masyarakat khususnya di lingkungan Pasar Penanggal agar lebih tertib memakai masker saat melakukan transaksi jual beli.

“Dengan menggunakan masker yang dilakukan setiap orang saat melakukan aktivitas di luar rumah adalah upaya untuk terhindar dan menulari orang di sekitar terhadap ancaman virus Covid-19. Pemberian masker kepada masyarakat diharapkan dapat menekan penyebaran virus Covid-19 dan transaksi jual beli dapat berjalan dengan baik. Melihat perkembangan terbaru yang disampaikan oleh badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) yaitu virus Covid-19 dapat bertahan di udara dengan sirkulasi yang kurang terbuka. Oleh karena itu, agar perekonomian di tengah pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik, mari kita disiplin dalam menggunakan masker dengan tujuan melindungi kita dan orang yang berada di sekitar kita. Penting untuk kita lakukan sebagai makhluk sosial di tengah pandemi Covid-19 agar saling mengingatkan dan membantu, khususnya dalam penggunaan masker.” Ucap Diki Febrianto selaku Koordinator Kelompok 53 PMM Desa Penanggal (30/07/2020).

Selain pembagian masker, operasi penggunaan masker dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Candipuro (koramil dan polsek), Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Dinas Pariwisata, dan pada (30/7) dibantu oleh mahasiswa UMM dalam program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa. “Kegiatan operasi penggunaan masker telah dilakukan sejak surat tugas dari pemerintah turun dan pada (30/7) adalah hari terakhir pelaksanaan operasi penggunaan masker. Belum tahu kejelasaan terkait kagiatan operasi masker akan terus dilakukan, menunggu surat turun dari pemerintah Lumajang.” Ujar Suwisno selaku staf Kecamatan Candipuro (30/07/2020).

Desa Penanggal merupakan salah satu desa di Kecamatan Candipuro yang telah terdapat kasus positif Covid-19. Kecamatan Candipuro dalam peta sebaran Covid-19 termasuk ke dalam zona merah dengan Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 31, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 9, dan Positif Covid-19 berjumlah 5 (30/07/2020) infocovid19.lumajang.go.id. Angka tersebut menjadi acuan kita untuk tidak menganggap remeh pandemi Covid-19. Penting untuk kita dan seluruh masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 khususnya di lingkungan terkecil yaitu keluarga. Pada lingkungan pasar, penerapan protokol Covid-19 akan memberi dampak terhadap perekonomian masyarakat dan proses jual beli berlangsung dengan baik.