Sektor Pariwisata Harus Lebih Kualitatif

Sektor Pariwisata Harus Lebih Kualitatif
Lumajang, Motim - Di kehidupan normal baru (new normal), tempat wisata sudah diizinkan buka kembali. Dengan catatan, harus mematuhi protokol kesehatan yaang sudah ditetapkan. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun menginginkan agar sektor pariwisata cepat berbenah dan lebih berorientasi pada kaulitatif, bukan kuantatif.

"Harus ada perubahan paradigma dari kuantitas menjadi kualitas, kita harus mengubah segmen, menyajikan pariwisata yang segmented. Kepuasan harus menjadi domain utama," ujar Thoriq.

Menyikapi new normal saat ini, menurutnya, menuntut industri pariwisata berfikir ekstra dalam menciptakan inovasi-inovasi penyelenggaraan pariwisatanya. Tanpa harus mengorbankan kesehatan pelaku wisata pada masa pandemi Covid-19 ini.

Bupati pun berharap agar para pelaku wisata melakukan penyesuaian menyiapkan sumber daya pariwisatanya. "Reupdate sumber daya pariwisata, mulai dari yang melayani, penyedia jasanya, sarana prasarananya, seluruh jasa pariwisatanya harus kembali kita sesuaikan," tuturnya.

Ia sendiri optimis, dengan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan kepatuhan seluruh pelaku wisata, pariwisata Lumajang akan kembali bangkit melawan keterpurukan akibat hantaman pandemi Covid-19. (fit)