Tari Uling Khas Lumajang Mulai Dikembangkan

Tari Uling Khas Lumajang Mulai Dikembangkan
Lumajang, Motim - Tari Uling adalah salah satu tarian khas Kabupaten Lumajang yang saat ini dikembangkan oleh Sanggar Seni Villa Dancer. Tujuannya untuk membawa pengaruh positif terhadap perkembangan budaya, dan menginformasikan tentang cerita sejarah Ikan Uling berukuran besar yang ada di sumber mata air Destinasi Wisata Hutan Bambu.

“Saat ini, kami sedang mengembangkan Tarian Uling untuk bisa dikenalkan kepada generasi muda tentang cerita sejarah Ikan Uling berukuran besar penghuni sumber mata air di wisata Hutan Bambu,” kata Pimpinan Sanggar Seni Villa Dancer, Tutik Pusparini.

Menurutnya, dengan mengembangkan kesenian yang mempunyai nilai cerita sejarah, maka hal tersebut dapat memberikan informasi kepada generasi muda. Agar tidak melupakan tentang adat istiadat atau kearifan lokal, sekaligus dapat memfilter budaya asing yang sangat cepat dan sangat mudah masuk dalam sisi kehidupan.

Dalam upaya melestarikan budaya dan seni, Tutik telah mendirikan Sanggar Seni Villa Dancer kurang lebih sekitar 10 tahun, dan merasakan perjuangan mengangkat berbagai jenis tarian yang memiliki nilai-nilai sejarah di Kabupaten Lumajang.

“Saya mendirikan sanggar ini sudah 10 tahun, dan Minggu (9/8/2020), kemarin kami memperingati ulang tahun yang ke-10, yang kebetulan ditempatkan di Destinasi Wisata Alam Hutan Bambu, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tutik juga mengungkapkan, bahwa agar Tari Uling semakin disukai dan dikenal banyak orang, dukungan dari pemerintah menjadi kunci utama seni tradisional untuk tetap bertahan, dan semakin diminati oleh masyarakat umum maupun pelaku seni. (fit)